Selasa, 10 Mei 2011

Jawaban UTS

Jawaban UTS Menejemen Ritel
1 ). Apakah defini dari bisnis retail itu ?Jelaskan
Jawab : Bisnis retail adalah semua kegiatan yang terlibat dalam menjual barang atau jasa secara langsung kepada konsumen akhir  untuk kepentingan pribadi,non bisnis digunakan.
2 ).  -   Self-service adalah konsumen lebih bebas memilih produk yang dipilih oleh masyarakat. sistem pelayanan  terpadu yang memungkinkankonsumen dapat melakukan berbagai aktivitas tanpa harus langsung datang ketempatanya.
Contoh : menyetor atau menarik dana dan mentransfer yang dilakukan secara otomatis melalui anjungan tunai mandiri (ATM)
-          Self-selection adalah Orang-orang yang cenderung tidak menyukai calon yang ada cenderung akan tidak mau menyusahkan diri meluangkan waktu dan uang untuk mengikuti survey itu. Maka survey seperti ini tidak dianggap valid sebagai suatu dasar.
Contoh : mencoblos presiden dan wapres dalam suatu pilihan.Karena orang-orang yang ikut berpartisipasi adalah mereka yang lebih condong atau fokus kepada satu pilihan calon saja.
-          Limited service adalah di mana pelanggan umumnya memesan atau memilih item dan membayar sebelum makan. Makanan dan minuman boleh dikonsumsi di tempat, dibawa keluar, atau dikirim ke lokasi pelanggan. Beberapa perusahaan di industri ini dapat memberikan layanan makanan ini dalam kombinasi dengan menjual minuman beralkohol.
Contoh :restaurant makanan,toko pizza,tempat makan keluarga,dsb
3 ). Indikator bahwa penjual kita efektif yaitu :
a.    dilihat dari jumlah orang yang lalu lalang
b.    berapa %  yang masuk toko
c.    berapa % pula dari mereka yang membeli
d.    terakhir dari jumlah yang dihabiskan per penjualan .
4 ). Trend dalam industri retail dewasa ini yaitu :
a.    Perbedaan dalam format retail => besar,kecil
b.    Meningkatnya konsentrasi industri
c.    Globalisasi
d.    Penggunaan berbagai cara interaksi pada konsumen
5 ). Cara pengecer dapat berinteraksi dengan konsumennya yaitu dengan cara :
a.    Retail non-store => teknologi
b.    Store retail => direct mail, katalog
c.    Cara kombinasi => internet, katalog
6 ). 3 (tiga ) fungsi bisnis retail yaitu :
a.    Menyediakan berbagai jenis produk dan jasa
b.    Memecah ukuran produk, maksudnya keinginan setiap konsumen berbeda-beda,berarti ukuran yang diinginkan juga berbeda-beda
c.    Penyimpan persediaan => jaminan tersedia
7 ). 4 (empat ) macam penjualan tidak menggunakan toko, yaitu :
a.    Retail elektronik :
·         Vending machine
·         Melalui telepon
·         Menggunakan situs internet
·         Kartu kredit, transfer bank
b.    Katalog dan pemasaran surat langsung
c.    Direct selling => hubungan jangka panjang
d.    Television home shopping
8 ). Proses belanja para konsumen dilakukan dengan :
a.    Pengenalan kebutuhan,yaitu kebutuhan funsional / rasional dan kebutuhan psikologis / emosional
b.    Pencarian informasi
c.    Mengurangi pencarian informasi
d.    Evaluasi atas berbagai alternatif
e.    Evaluasi setelah belanja
9 ). Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan informasi yaitu :
a.    Sifat dan penggunaan produk yang dibeli => makin kompleks makin mendalam
b.    Karakteristik pribadi pelanggan => berhati-hati, hemat, cermat
c.    Aspek pasar dan situasi dimana belanja tersebut berlangsung
10 ). Cara membangun loyalitas konsumen yaitu :
a.    Konsumen yang loyal akan terus berbelanja pada satu retail tertentu meskipun retail pesaing telah membuka tokonya didekat lokasi rumah mereka
b.    Salah satu mendeteksi loyalitas pelanggan:
·         Frekuensi kunjunga
·         Presentase belanja pelanggan
c.    Mengembangkan strategi yang jelas dan tepat => positioning program
d.    Menciptakan hubungan emosional dengan para konsumen melalui program loyalitas
11 ). 4 ( empat ) macam kunci sukses keberhasilan dalam bisnis retail ketika memasuki pasar global yaitu :
a.    Keunggulan bersaing yg dpt dipertahankan scr global
b.    Kemampuan menyesuaikan
c.    Budaya global
d.    Kemampuan finansial
12 ). Formasi yang mungkin dalam membentuk struktur organisasi dalam bisnis retail yaitu :
a.    Struktur organisasi FUNGSIONAL, mis: dept promosi, dept. keuangan, dept. SDM, dept. pengawasan toko
b.    Struktur organisasi PRODUK, mis: manajer pakaian pria, manajer pakaian anak2, manajer pakaian dalam, dst.
c.    Struktur organisasi GEOGRAFIS, mis: manajer lokasi A, manajer lokasi B, dst.
d.    Struktur organisasi KOMBINASI, mis: Manajer Promosi membawahi manajer lokasi A dan B.
  1. Struktur organisasi beerdasarkan jenis ritail dan ukuran perusahaan:
    1. Organisasi ritail (satu toko)
    2. Organisasi regional berdasarkan geografis & divisi
    3. Organisasi perusahaan dari rantai regional (sistem informasi)
13 ). Masalah hukum dan perundang-undangan yang harus diperhatikan para pengecer yaitu
a.    Kesempatan yg sama bagi setiap karyawan
b.    Gaji atau kompensasi
c.    Hubungan ketenagakerjaan
d.    Keselamatan dan kesehatan kerja
e.    Pelecehan seksual
f.      Privasi karyawan
14 ). Menurut kami cara meminimalkan pencurian barang dagangan yaitu :
a.    Dengan memasang alat CCTV,guna mengetahui siapa yang dicurigai atau yang telah berbuat jahat.Memasang di sudut yang langsung terfokus pada orang tersebut.
b.    Dengan memasang alat pendeteksi kejahatan di setiap pintu masuk / keluar
c.    Dengan memasang kaca-kaca dengan ukuran besar dibagian atas, dengan dimiringkan
15 ). Kelemahan bisnis retail dari pertanyaan quiz presenter yaitu dengan adanya persaingan yang sangat ketat dikarenakan banyak pengusaha retail yang menjamur tanpa menggunakan peraturan retail yang jelas dari pemerintah. Bisa kita lihat dimana-mana, setiap sudut tempat selalu ada sehingga toko retail selalu bersaing satu sama lain dari harga, kualitas, dan ketersediaanya dalam menawarkan produk. Seperti yang kita ketahhui bahwa permintaan akan pasar yang semakin beragam bisnis retail yang muncul berkembang cukup pesat di indonesia, biaya investasi atau modal yang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan toko lainnya.