Minggu, 27 Maret 2011

Tugas Artikel Ritel 2

1 ). Tiga (3) toko eceran berwaralaba dan tiga (3)toko eceran independen di sekitar kami,sbb :
                 (a)   Tiga (3) toko eceran berwaralaba :
                 *Alfamart
                 *Indomart
                 *Alfamidi
       b)   Tiga (3) toko eceran independent :
                *Carrefour
                *Hypermart
                *Hero
Berikut adalah foto tampak depan dan sekitar :









sekitar

  
Sekitar





Tampak Depan  (lokasi-poris indah)





 
Tampak Depan







Sekitar  (lokasi: gerbang poris indah-cipondoh)


 
Tampak Depan
















Sekitar  (lokasi-batu ceper)



    





Tampak Depan 


Sekitar (lokasi:hypermart-daan mogot)



      
Tampak Depan









Sekitar   (hero-mall ciputra)


Dari segi karakteristik 3 toko eceran berwaralaba :
             Pertarungan Mini Market Modern saat ini tak lepas dan selalu identik dengan pertarungan Alfamart vs Indomaret di suatu lokasi, jika salah satu diantaranya didirikan maka yang yang lain akan mengikuti, kehadiran Mini Market ini tidak hanya saling mencakar satu sama lain namun imbasnya juga menerjang warung atau toko retail tradisional disekelilingnya, dan biasanya toko tradisional tersebut tak bisa membendung pelanggannya untuk berpindah ke Alfamart atau Indomaret. Pertarungan Alfamart vs Indomaret semakin seru saja, keduanya tak segan untuk mendorong waralabanya untuk bertarung langsung berhadap-hadapankadang karena ngototnya pewaralabanya disuatu tempat atau di satu jalan yang sama bisa ada 2 Toko Retail Alfamart, atau 2 Toko Retail Indomaret.Selain itu ada pula toko yang berwaralaba.Katakan saja Alfamidi. Mungkin ada hal baru yang berbeda dengan Alfamart dan Indomaret, yaitu Alfamidi menyediakan frozen food seperti daging segar serta sayuran dan buah segar lebih banyak. Alfamart dan Indomaret didak menjual sayuran segar dan daging serta ayam frozen . Ini merupakan jaringan ritel kelas mini market pertama yang menggarap segmen tersebut , namun untuk main di segmen itu memang tidaklah mudah karena memiliki faktor resiko yang lebih besar dari menjual makanan olahan siap saji .Bagi kami pribadi ,Alfamidi itu tempatnya besar ya didalamnya. Tapi ,yang disediakan disana belum cukup lengkap ternyata .Sehingga banyak tempat-tempat yang kosong yang tidak digunakan. Kami akui kalau kami lebih sering berbelanja di Alfamart atau Indomart dibandingkan dengan Alfamidi.Itupun pernah sekali saya ke Alfamidi untuk mencari makanan ringan kegemaran kami. Saya juga bingung kenapa tidak ada. Karena tidak ada kami pun berpersepsi seperti itu. Harga dari yang dijual di Alfamidi juga berbeda dengan kedua toko lainnya. Biaya parkir di Alfamidi juga dikenakan biaya 1rb.Berbeda dengan di Alfamar atau Indomart yang sama sekali tidak dikenakan biaya atau biasa disebut free.
Dari merek-merek produk yang dijual dari masing-masing 3 toko eceran berwaralaba :
*Alfamart, Indomart, dam Alfamidi           : Faber, ABC Alkaline, Kenmaster kran tembok plastic berserta stiker, Pucelle, Mustika ratu, Sari Ayu, Purba Sari, Citra, Indofood, ABC, Clean and clear, Rejoice, Pantene, Makarizo, Minyak kayu putih, Minyak telon, Adem sari, dan masih banyak lagi merek-merek yang dijual di Alfamart, Indomart, dan Alfamidi.Ketiga toko waralaba ini sama-sama bersaing ketat untuk mencapai target yang max.


Dari segi karakteristik 3 toko eceran independent :
                Carrefour dan Hypermart sama-sama bersaing dengan sangat ketat. Ketika minimarket saling bersaing di lokasi pasar yang lebih kecil, semisal komplek perumahan atau pinggir jalan raya yang tidak terlalu besar. Maka Hipermarket membidik target pasar yang lebih luas daripada Alfamart / Indomart / Alfamidi. Satu ritel besar sekelas Carrefour akan membidik target pasar dari puluhan minimarket, ratusan warung kecil, pasar tradisional, dan lain-lain yang menjangkau warga dari berbagai komplek perumahan besar. Apa yang anda ingat jika kita  ditanya tentang hypermarket? Toko-toko raksasa, dengan arena superluas, lorong-lorong lebar, puluhan ribu macam barang dengan harga supermurah, lengkap, kasir lebih dari 10, aneka promo yang tidak bisa anda temukan di toko lain, seperti gudang yang tertata rapih, ber-AC, keren, dan lain-lain.Tak ada yang salah tentang penggambaran itu. Hipermarket memang menawarkan konsep belanja semua dalam satu atap, keleluasaan, kenyamanan dan kelengkapan. Belum lagi ditambah dengan “jaminan” harga murah yang membuat umumnya orang-orang berbondong-bondong berkunjung dan memborong. Tak jarang dari pembeli yang malah kalap, memborong untuk stok persediaan atau malah dibagi-bagikan ke orang lain.Carrefour juga melakukan layanan khusus,seperti voucher dan isi ulang pulsa.Selain itu juga menyediakan catalog produk berupa Koran. Tidak beda jauh dengan Carrefour,Hypermart tidak mau kalah dengan Carrefour. Hypermart juga melakukan promo-promo dengan produknya.Hal ini membuat setiap konsumen tertarik dan tertantang untung membelinya.Menurut kami,Carrefour dan Hypermart sama-sama menjual produk  yang sangat lengkap.Dari benda yang terkecil sampai yang terbesar.Dari keperluan alat tulis sampai keperluan rumah tangga.Dari peralatan mandi sampai keperluan baby.Dari makanan yang belum diolah sampai yang sudah siap saji.Sangat lengkap ternyata di 2 toko tersebut.Hero pun demikian.Tapi,Hero tidak memasarkan hidangan siap saji.Dan produknya pun belum begitu lengkap dibanding dengan Carrefour dan Hypermart tadi. Hero dan carefour merupakan merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa ritel khususnya hypermart. Dari factor ini bisa di lihat beberapa penelitian yang mempengaruhi minat  belanja konsumen di ketiga toko tersebut. 


Dari merek-merek produk yang dijual dari masing-masing 3 toko eceran independent :
*Carrefour, Hypermart, dan Hero : POND’S, Olay, Loreal, New product, Baby and kid’s, Elektronic, dll. Hanya saja, produk Carrefour menjawab kebutuhan kita semua  akan produk berkualitas dengan harga yang lebih kompetitif. Carrefour senantiasa menjaga kualitas "Produk Carrefour" setara dengan produk-produk unggulan lainnya namun dengan harga lebih murah dibanding produk-produk unggulan tersebut, dengan demikian "Produk Carrefour" memiliki konsumen yang paling luas. Rangkaian produk Carrefour kami meliputi produk kebutuhan sehari-hari, perlengkapan rumah tangga, produk-produk segar dan produk-produk elektronik. Seperti yang sudah kami katakana diatas,kalau Hero tidak begitu lengkap dalam produk-produknya.Hypermart yang menurut kami dalam label harga tidak bisa dipercaya.Hypermart sudah berani mengklaim harga yang ditawarkan paling murah di pasaran tapiii...ternyata ada temapt lain yang lebih murah.Jadi kesimpulannya, jika anda ingin membeli barang-barang dengan harga yang menurut anda tidak murah, selektiflah dalam membeli. Jangan mudah percaya.

 
Selanjutnya adalah persamaan dan perbedaan dari toko eceran tersebut :
*Persamaan :
Toko eceran waralaba dan independent sama-sama memasarkan produk yang di butuhkan para konsumen.Sama-sama berada dalam lokasi yang menurut konsumen strategis untuk di jangkau. Sama-sama bersaing untuk pencapaian target yang max. Dan juga sama-sama menjaga kebersihan toko masing-masing agar konsumen tidak kabur atau berpindah ke toko lainnya.
*Perbedaan :
Dalam hal peluang bisnis mini market (waralaba):
 . Pergeseran pola belanja masyarakat (Minimarket lebih diminati).
 . Kebutuhan sarana belanja yang dekat tempat tinggal.
  .Harga jual produk bersaing.
 . Mini Market sebagai sarana rekreasi keluarga.
 . Kondisi Lalu lintas.

Dalam hal kunci sukses bisnis usaha :
Minimarket (waralaba) :

Lokasi yang strategis
 Merk toko yang dikenal masyarakat luas.
Personal toko yang tangguh
Pelayanan yang baik.
 Pilihan produk yang tepat dan berkualitas
 Harga yang pas
 Display yang menarik
Promosi yang berkesinambungan

 Independent

  Lokasi yang sulit di tempuh
 Persediaan barang yang lengkap
Keluasan toko yang baik
Harga yang menarik
Layout toko yang berbeda
Keamanan yang terjaga   

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar